Jumat, 26 Oktober 2012

Blue Screen di Instalasi XP untuk Laptop Compaq 


Pada Saat Akan mau menginstal windows xp di laptop compaq, saya agak terkejut karena layar selalu memunculkan BSOD seperti di bawah ini saat Menu Instalasi Windows akan tampil.

 

Saya coba ganti CD (pada awalnya saya pikir kesalahan ada pada CD yang rusak) tapi hal itu tetap saja terjadi. Langsung saja saya tanya ke mbah google untuk dapetin solusinya. Setelah agak lama mencari, akhirnya ketemu juga penyebab beserta solusinya.

Rata-rata Laptop jaman sekarang sudah berupa paket bundling Windows Vista. Tentu ada alasannya, salah satunya karena Windows Vista pada masternya sudah mendukung teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk kalian semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, dan apabila di-install menggunakan Windows XP, saat masuk di lembar deteksi Harddisk.. terjadi bluescreen.. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2. Berikut ini cara yang ku coba dan telah berhasil.

Beberapa Program yang dibutuhkan
a. Microsoft .NET Framework Version 2.0
b. nLite
c. ICH9 sata driver (Copy dahulu driver Hardisk Sata laptop kalian yang ada pada cd driver yg diberikan saat pembelian laptop. Atau jika tidak ada silahkan download di situs resmi pabrikan laptop anda. dan saat ini saya mencontohkan dengan menggunakan ICH9 sata driver untuk Laptop CQ40-108TU yang bisa didownload disiniSetelah semua ada, terlebih dulu install Net framework. Setelah selesai install nLite.
Langkah selanjutnya :
1. Masukkan CD Instalasi Windows XP
2. Jalankan nLite

3. Tekan Next..

4. Browse letak CD Instalasi Windows XP (yang terdapat folder i386 didalamnya). OK

Buat folder untuk menyimpan hasil konfigurasi contoh “c:temp”

5. Browse folder yang telah dibuat. OK.. tunggu proses Copy sampai selesai

Proses Copy…

6. Copy selesai.. Next..

7. Presets. Next…

8. Task Selection. Pilih Drivers dan Bootable ISO. Next…

9. Insert. Single driver… Browse cari file “iaAHCI.inf” dari folder hasil ekstrak file “f6flpy32_85.zip” yang telah di download sebelumnya.

10. Hati-hati saat option ini muncul, pilih “ICH9M-E/M SATA AHCI Controller”… OK.. Next..

11. Yes, berhasil …

12. Next..

13. Pilih Make ISO.. Browse Folder dan Save…. untuk membuat file ISO yang nantinya di Burn ke CD menggunakan Nero Burning dan program sejenis lainnya.
Next untuk Selesai…….
Selamat, dan silahkan Instal Ulang Anda….:smiley_beer:
Catatan : Meskipun bukan tipe CQ40-108TU, tips ini masih digunakan selama laptop kalian masih produk Hp Compaq, dan untuk tipe pabrikan lain, tinggal sesuaikan sata drivernya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar